Cara Membuat Laporan Stok Barang Harian Menggunakan Excel
Cara Membuat Laporan Stok Barang Harian Menggunakan Excel

Cara Membuat Laporan Stok Barang Harian Menggunakan Excel

PLUGMEDIA.NET – Dalam aktivitas perdagangan, keberadaan gudang penyimpanan benda jadi bagian penting. Di sanalah stok barang ditempatkan saat sebelum di jual ataupun didistribusikan. Pastinya buat menaruh benda ini wajib terdapat pencatatan selaku wujud pengelolaan serta monitor ketersediaan benda tersebut.

Terpaut dengan pencatatan benda, dalam dunia akuntansi diketahui laporan stok barang. Semacam namanya, laporan ini mencatat secara rinci jumlah benda dari tiap- tiap jenisnya yang terdapat di gudang industri. Oleh sebab sangat mempengaruhi pada industri, hingga aktivitas membuat laporan stok benda ini pula wajib dicoba dengan sangat pas.

Manfaat Membuat Laporan Stok Barang

Semacam yang telah disinggung di atas, laporan stok benda terbuat buat merinci jumlah benda yang terdapat di gudang. Lebih jauh, berikut sebagian khasiat utama dari laporan stok benda:

Buat memperoleh data akurat tentang persediaan barang. Data ini sendiri diperlukan buat mengambil keputusan hendak jumlah serta waktu persediaan dalam pemenuhan kebutuhan usaha.

Menjamin persediaan serta mungkin hendak kesalahan stok, kehancuran, kehabisan, sampai penyelewengan oleh oknum. Maksudnya, dengan laporan stok barang terlebih yang terbuat setiap hari, hingga mungkin tersebut jadi lebih dapat diminimalisir ataupun terkendali.

Penuhi kebutuhan pelanggan dengan persediaan yang terkelola baik.

Umumnya, pencatatan stok barang sendiri diawali dengan pencatatan manual di gudang. Kemudian setelah itu, informasi yang telah diambil hendak dipindahkan pada Excel dengan langkah- langkah di atas. Bila ada kesalahan ataupun ketidaksesuaian, hingga selayaknya dicoba pengecekan ulang.

Pembuatan laporan stok barang sendiri dapat dicoba secara berkala. Terdapat yang melaksanakannya secara mingguan ataupun bulanan. Tetapi dalam sebagian permasalahan, laporan stok barang pula dapat dicoba secara setiap hari. Lalu semacam apa metode membuat laporan stok benda setiap hari ini? Berikut langkah- langkah serta contohnya dengan memakai Microsoft Excel.

Langkah- Langkah Membuat Laporan Stok Benda Setiap hari dengan Excel

Membuat laporan stok benda setiap hari sesungguhnya tidak begitu susah. Rumus Excel yang digunakan pula terbilang simpel. Berikut ini langkah demi langkahnya:

Buka Aplikasi Mirosoft Excel.

  1. Buat sheet dengan nama ‘Data Barang’.
  2. Buat Header sesuai ketentuan perusahaan beserta tanggal. Lalu buat tabel dengan judul kolom berupa kode, nama barang, stok awal, jumlah barang (masuk dan keluar), dan stok akhir.
  3. Isi data tabel pada kode dan nama barang. Tabel kosong inilah yang menjadi acuan atau template untuk diisi setiap harinya.
  4. Isi tabel pada stok awal sesuai dengan jumlah barang di awal hari atau sebelum pengecekan. Data stok awal ini bisa didapatkan pada laporan stok akhir di hari sebelumnya.
  5. Setelah menuliskan data-data di atas, maka untuk memudahkan proses pencatatan barang masuk dan keluar, Anda harus membuat sheet baru di halaman Excel tersebut. Sheet baru ini untuk merinci jumlah barang masuk dan barang keluar yang akan diintegrasikan dengan sheet ‘Data Barang’.
  6. Buat sheet baru dengan nama ‘Barang Masuk’
  7. Buat tabel dengan judul kolom berupa tanggal, kode, nama barang, dan jumlah
  8. Buat sheet baru dengan nama ‘Barang Keluar’
  9. Buat tabel dengan judul kolom berupa tanggal, kode, nama barang, dan jumlah.
  10. Buka kembali sheet ‘Barang Masuk’. Pada kolom nama barang, ketikkan rumus excel Vlookup. Rumus ini digunakan untuk memudahkan proses pemunculan nama barang setelah diketikkan kode barangnya.
  11. Lakukan hal yang sama pada sheet ‘Barang keluar’. Setelah mendapatkan data jumlah barang masuk dan jumlah barang keluar di masing-masing sheet-nya. Maka, untuk mengintegrasikan data tersebut dengan sheet ‘Data Barang’ adalah dengan menggunakan rumus khusus.
  12. Kembali ke sheet ‘Data Barang’, ketikkan rumus berikut di kolom ‘masuk’ =Sumif(tableX[kode],tableY[#thisrow],[kode],tableZ[jumlah])

Keterangan:

tableX[kode]: pilih kode di sheet “barang masuk”

tableY[this row]: pilih kode di sheet “data barang”

tableZ[jumlah]: pilih kolom jumlah di sheet “barang masuk”

  • Terakhir adalah mengisi kolom stok akhir. Rumus excel yang dipakai adalah =SUM(C7+D7-E7); dengan C7 adalah stok awal, D7 adalah jumlah barang masuk, dan E7 adalah jumlah barang keluar.

Setelah membuat laporan stok barang harian di atas, maka laporan ini bisa diintegrasikan kembali ke laporan stok barang mingguan atau bulanan. Oleh karena itulah data harian ini harus diyakini kebenarannya secara fisik karena kesalahan di satu hari saja akan mengakibatkan kesalahan di laporan akhir. Jika sudah salah di laporan akhir, maka pengecekan akan semakin sulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.