Cara Mudah Mencadangkan Data Android di Google Drive
Cara Mudah Mencadangkan Data Android di Google Drive

Cara Mudah Mencadangkan Data Android di Google Drive

PLUGMEDIA – Cara Mudah Mencadangkan Data Android di Google Drive

Berikut ini akan dijelaskan mengenai Cara Mudah Mencadangkan Data Android di Google Drive. Halo, kali ini saya akan membahas tentang “cara backup data Android ke Google Drive”. Google Drive adalah layanan cloud gratis yang ditawarkan oleh Google untuk pengguna setianya.

Google Drive sendiri dapat diakses dari perangkat apapun, selama pengguna sudah memiliki akun Google. Berbicara tentang penyimpanan Google Drive, juga dapat digunakan sebagai tempat untuk membuat cadangan data Anda di Android.

Inilah penjelasan mengenai Cara Mudah Mencadangkan Data Android di Google Drive. Semoga bermanfaat.

Sudah tahu cara backup data Android ke Google Drive? Untuk layanan gratis, pengguna dialokasikan 15 GB untuk penyimpanan cloud Google Drive. Pengguna dapat meningkatkan akun mereka ke versi bisnis atau pelajar jika diinginkan tanpa batas.

Selama ruang penyimpanan Google Drive masih tersedia, Anda dapat mencadangkan semua data Anda di sana. Oke, berikut cara backup data Android ke Google Drive. Lihat uraian berikut.

Cara Mencadangkan Data Android ke Google Drive dengan Mudah

Ada dua cara untuk mencadangkan data Android ke Google Drive: pencadangan otomatis dan pencadangan manual. Keduanya sama-sama mudah dan bahkan pemula pun bisa melakukannya dengan mudah. Cara mencadangkan data Android ke Google Drive dirinci di bawah ini.

1. Auto Backup Data Android ke Google Drive

Cara pertama untuk melakukan backup data Android ke akun Google Drive di Android adalah dengan menggunakan fitur Auto Backup.

Langkah-langkahnya sendiri adalah:

Langkah pertama adalah membuka menu pengaturan ponsel Android Anda.
Lalu pergi ke Akun dan Opsi Cadangan.
Kemudian klik opsi Cadangkan dan Pulihkan.
Dalam hal ini, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan akun Google Drive untuk digunakan sebagai lokasi cadangan Anda. Caranya adalah dengan mengklik opsi “Backup Account” dan pilih akun Google untuk menyimpan data cadangan.
Jika demikian, klik opsi Cadangkan data saya. Kemudian geser penggeser ke kanan untuk mengaktifkan pencadangan otomatis ke Google Drive.
Harap dicatat bahwa fitur pencadangan otomatis ini berfungsi ketika ponsel Android Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. Oleh karena itu, pencadangan otomatis tidak akan berfungsi jika Anda hanya terhubung ke jaringan data seluler.
2. Backup Data Android Secara Manual ke Google Drive

Opsi lainnya adalah mencadangkan data Android Anda secara manual ke akun Google Drive Anda. Anda dapat memilih metode ini jika Anda terhubung ke jaringan WiFi dan tidak dapat mengaktifkan fitur pencadangan otomatis.

Langkah-langkahnya sendiri adalah:

  • Pertama, pastikan Anda terhubung ke internet.
  • Kemudian masuk ke menu Setting atau Preferensi di ponsel Android Anda.
  • Lalu pergi ke Akun dan Opsi Cadangan.
  • Klik opsi Cadangkan & Pulihkan.
  • Kemudian klik Opsi Akun Google.
  • Di bagian atas halaman ini, aktifkan opsi Cadangkan ke Google Drive.
  • Kemudian, di bagian Opsi Akun, atur akun Google Drive yang ingin Anda gunakan untuk cadangan Anda.
  • Setelah menyelesaikan semua pengaturan, klik tombol Cadangkan sekarang.
  • Tunggu hingga proses backup data Android selesai.

Itu menyimpulkan diskusi tentang cara membuat cadangan data Android ke Google Drive. Sangat mudah untuk melihat data Android di akun Google Drive dengan dua metode di atas, bukan? Cara backup data Android ke Google Drive secara otomatis dan manual. Anda dapat menggunakannya sendiri.

Demikian penjelasan mengenai Cara Mudah Mencadangkan Data Android di Google Drive. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.