Kelebihan WhatsApp Business dibandingkan WhatsApp Messenger
Kelebihan WhatsApp Business dibandingkan WhatsApp Messenger

Kelebihan WhatsApp Business dibandingkan WhatsApp Messenger

PLUGMEDIA – Perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger

Berikut ini akan dijelaskan Perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger. Teknologi yang terus berkembang juga berdampak pada perubahan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, entitas ekonomi, besar dan kecil, harus dapat menggunakan teknologi sebagai sarana untuk mempromosikan dan menjual produknya. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

Apa itu Bisnis WhatsApp?

Sebagian besar pelaku bisnis mulai mempromosikan produknya melalui teknologi agar informasinya sampai ke telinga konsumen. Salah satunya melalui media sosial yang setiap hari diakses oleh berbagai kalangan dan kelompok umur. Media sosial yang populer akhir-akhir ini adalah Instagram, Facebook, dan bahkan TikTok miliknya.

Namun ternyata bukan itu saja, WhatsApp juga merilis aplikasi khusus untuk para pebisnis: WhatsApp Business. Berbeda dengan WhatsApp Messenger miliknya yang merupakan aplikasi untuk bertukar pesan untuk keperluan pribadi, WhatsApp Business dapat digunakan oleh para pebisnis untuk mempermudah komunikasi dan koneksi dengan konsumen.

Lalu apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger? Inilah penjelasan mengenai PPerbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger, simak selengkapnya di bawah ini:

Keunggulan aplikasi WhatsApp Business:

1. Profil Akun Bisnis

Profil akun bisnis Anda menampilkan informasi tentang bisnis Anda mulai dari nama, deskripsi, kategori bisnis, alamat, jam buka, email, atau tautan singkat.

2. Verifikasi Akun

Otentikasi ini melindungi akun Anda dari ini, untuk melindungi akun Anda dari seseorang yang tidak dikenal mengakses akun Anda. Fitur ini mengamankan WhatsApp dengan mendaftarkan nomor PIN 6 digit.

Setelah mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah, Anda akan diberikan opsi untuk memasukkan alamat email Anda. Informasi ini memungkinkan WhatsApp untuk melindungi akun Anda dengan mengirimkan email berisi tautan untuk mengatur ulang PIN Anda jika Anda lupa.

3. Nomor telepon (rumah/kantor)

WhatsApp Messenger hanya mengizinkan pengguna untuk menggunakan dan melihat satu nomor ponselnya. Namun, WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk menambahkan nomor telepon rumah atau kantor menggunakan nomor ponsel Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor ponsel yang digunakan untuk keperluan pribadi. Oleh karena itu, percakapan pribadi tidak dicampur dengan bisnis.

4. Katalog Produk

Dengan fungsi katalog, Anda dapat dengan mudah membagikan informasi produk yang Anda tangani. Katalog akan muncul di profil perusahaan Anda.

Ini menyederhanakan proses pemesanan dan memungkinkan pelanggan untuk menambahkan item sebanyak yang mereka inginkan dalam satu pesanan menggunakan fungsi keranjang belanja.

5.Pesan Pembuka (Greeting Message)

Salam – Anda dapat menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan promosi produk baru kepada seluruh konsumen.

6.Pesan Tidak di Tempat (Away Message)

Pesan Di Luar Kantor: Fitur ini memungkinkan Anda untuk membalas pesan konsumen secara otomatis sehingga Anda dapat membalas ke konsumen bahkan saat Anda sedang sibuk.

7. Balas Cepat (Quick Reply)

balas cepat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membalas pesan konsumen dengan pertanyaan yang sama. itu mudah. Cukup buat beberapa pesan yang akan ditanyakan banyak konsumen tentang bisnis Anda. Hemat waktu hanya dengan mengetikkan garis miring (/) saat pesan masuk dan balasan cepat Anda akan muncul.

8. Analisis data statistik dan interaksi dengan Anda

Fitur statistik aplikasi WhatsApp Business membantu Anda memahami interaksi dan pengalaman pelanggan Anda. Fungsi ini memberikan jumlah pesan yang dikirim, dikirim, dibaca, dan diterima.

9. Pesan grup (label)

Grup pesan (label) memudahkan untuk mengelompokkan berbagai kategori pelanggan. Dimulai dengan pelanggan baru, pesanan baru menunggu pembayaran, dibayar, atau diselesaikan.

10. Integrasi dengan media sosial (Instagram dan Facebook)

Jangkau lebih banyak pelanggan dengan integrasi media sosial. Anda dapat menautkan akun WhatsApp Business Anda dengan halaman Facebook atau profil Instagram Anda untuk menawarkan sarana komunikasi lain kepada pelanggan Anda.

11.Tautan Singkat (Short Link)

Gunakan fitur ini untuk membagikan tautan singkat dengan pelanggan Anda. Anda dapat mulai mengobrol menggunakan tautan pendek. Ketika pelanggan membuka tautan singkat di Whatsapp yang terpasang di perangkat mereka, aplikasi akan segera memulai obrolan antara pelanggan dan Anda.

12.kode QR

Pelanggan dapat memindai kode untuk memulai obrolan whatsapp. Kode QR WhatsApp memudahkan orang menemukan dan menghubungi bisnis Anda. Calon pelanggan dan pelanggan lama dapat mengirimi Anda pesan di WhatsApp dengan memindai kode QR-nya di akun bisnis Anda.

Demikian penjelasan mengenai Perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.