Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Fintech Dengan Baik
Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Fintech Dengan Baik

Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Fintech Dengan Baik

PLUGMEDIA – Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Fintech Dengan Baik

Berikut ini akan dijelaskan mengenai Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Fintech Dengan Baik. Masalah menjamurnya perusahaan financial technology (fintech) ilegal di Indonesia belum juga mereda sejak mengemuka beberapa bulan lalu. Awal September 2019, tim Satgas Waspada Investasi kembali merilis temuan daftar 123 fintech lending ilegal yang tidak terdaftar resmi di Organisasi Jasa Keuangan (OJK). Munculnya hubungan tersebut telah meningkatkan kekhawatiran dan kecemasan di tengah antusiasme yang kuat dan permintaan publik terhadap layanan tekfin.

“Di era teknologi saat ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai macam informasi, terutama melalui media sosial. Hal ini memanfaatkan kurangnya pemahaman sebagian orang dengan menyebarluaskan informasi melalui berbagai saluran dan website. Itu salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan para pemangku kepentingan,” kata Akshay Garg, co-founder dan CEO Kredivo, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Keberadaan fintech memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses instrumen keuangan. Menurut data OJK pada Juli 2019, ia memiliki lebih dari 11 juta pengguna pinjaman Fintech di Indonesia dan kumulatif pencairan pinjaman dari Fintech mencapai Rs 49,79 triliun, naik dari bulan yang sama tahun lalu. meningkat 119,69% dibandingkan tahun Peningkatan jumlah pengguna dan pemain di sektor tekfin sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mewujudkan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia dan mendorong perekonomian nasional.

Namun di sisi lain, maraknya tekfin ilegal yang berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap tekfin legal dapat menghambat upaya tersebut. Menyikapi fenomena ilegal fintech, masyarakat awam perlu lebih berhati-hati, kritis dan bijak dalam bertransaksi melalui fintech. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghindari transaksi penipuan dengan fintech ilegal.

Inilah penjelasan mengenai Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Fintech Dengan Baik, simak selengkapnya berikut ini:

1. Periksa apakah perusahaan Anda terdaftar di OJK

Selalu pastikan perusahaan fintech lending tersebut terdaftar resmi di OJK-nya. Informasi ini dapat diakses dengan mudah dari OJK di situsnya (www.ojk.go.id). Masyarakat umum juga dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang perusahaan mereka. Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari ulasan teman dan kerabat dekat.

2. Pahami minat yang berlaku

Pemegang pinjaman Fintech harus mempertimbangkan bunga yang akan mereka bayarkan untuk setiap pinjaman. Tinjauan ini mungkin didasarkan pada apakah itu memenuhi “harapan” konsumen dan kemampuan konsumen untuk membayar jumlah bunga.

3. Konfirmasikan hak dan kewajiban perdagangan Anda

Konsumen seringkali kurang mendapat penjelasan tentang hak dan kewajibannya, bahkan informasi penting untuk dipelajari. Konsumen harus sepenuhnya memahami hak dan kewajiban mereka serta risiko di masa depan.

4. Gunakan aplikasi dari sumber resmi

Jika aplikasi yang Anda unduh berasal dari sumber tidak resmi, Anda mungkin dapat mengakses bagian-bagiannya, jadi selalu gunakan aplikasi pinjaman resmi dan periksa hanya Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iOS). sono tidak bertanggung jawab untuk memulihkan data pribadi dari berbagai malware ke adware.

Demikian penjelasan mengenai Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Fintech Dengan Baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.